BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG MASALAH
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami
kemajuan, Sesuai dengan perkembangan zaman dan cara berpikir manusia. terutama
bidang informasi dan komunikasi, terutama pada bidang komputerisasi, untuk itu
kami penulis berkeinhinan untuk meningkatkan SDM agar menjadi lebih bermanfaat
di era globalisasi.
Kemudian untuk mewujudkan hal itu ,kami membuat makalah ini sebagai
bahan pembelajaran dan acuan mahasiswa untuk belajar dan makalah ini sebagai tugas
mata kuliah yang diberikan oleh Dosen Pembimbing. Dalam hal ini kami akan
menyusun Materi mata kuliah Arsitektur
komputer
B.
RUMUSAN MASALAH
Sesuai dengan mata kuliah ini “ Arsitektur komputer” untuk menambah
ilmu pengetahuan mahasiswa. Kami
tuliskan rumusan masalah sebagai berikut :
1.
Apa
saja yang termasuk Materi dalam mata kuliah Arsitektur komputer ?
2.
Bagaimana
penjelasan tentang materi Arsitektur komputer dan Seperti apa cara
pembahasannya?
C.
BATASAN MASALAH
Batasan
masalah dalam makalah ini yakni hanya untuk membahas Materi yang ditentukan
oleh dosen pembimbing yakni tentang I/O komputer, Memory komputer, Sistem bus
Data.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
MATERI KULIAH
Penulis disini akan memaparkan tentang apa saja Materi yang akan
dibahas dalam makalah ini, karena materi ini yang akan menjadi acuan atau
pedoman dalam penulisan makalah.
Adapun Materi kuliah yang dimaksud adalah sebagai berikut :
1.
Memori
Memory adalah
Perangkat Keras (Hardware) yang berfungsi mengolah data dan instruksi. Untuk
lebih jelasnya nanti akan dibahas dalam BAB selanjutnya.Atau disebut juga media
transmisi dapat digunakan bersama.
2.
Bus
Bus adalah
Jalur penghubung komunikasi yang menghubungkan antara suatu sub sistem dengan
sub sistem yang lainnya.
3.
I/O
komputer
I/O Komputer
adalah sebuah piranti masukan dan keluaran dari dan ke komputer.
B. PEMBAHASAN MATERI KULIAH
1.
Memori
a.
Pengertian
Memori (atau
lebih tepat disebut memori fisik) merupakan istilah generik yang merujuk
pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Memory adalah
Perangkat Keras (Hardware) yang berfungsi mengolah data dan instruksi. Semakin
besar memori yang di sediakan, Semakin banyak data maupun intruksi yang dapat
di olahnya. Memory juga berfungsi sebagai Media penyimpanan data.
b.
Jenis
memori
Ada tiga lokasi keberadaan memori di dalam sistem komputer yaitu :
a)
Memori lokal
·
Memori
ini built-in berada dalam CPU (mikroprosesor),
·
Memori
ini diperlukan untuk semua kegiatan CPU,
·
Memori
ini disebut register.
b)
Memori
internal
·
Berada
di luar CPU tetapi bersifat internal terhadap sistem komputer,
·
Diperlukan
oleh CPU untuk proses eksekusi (operasi) program, sehingga dapat diakses secara
langsung oleh prosesor (CPU) tanpa modul perantara,
·
Memori
internal sering juga disebut sebagai memori primer atau memori utama.
·
Memori
internal biasanya menggunakan media RAM
c)
Memori
eksternal
·
Bersifat
eksternal terhadap sistem komputer dan tentu saja berada di luar CPU,
·
Diperlukan
untuk menyimpan data atau instruksi secara permanen.
·
Tidak
diperlukan di dalam proses eksekusi sehingga tidak dapat diakses secara
langsung oleh prosesor (CPU). Untuk akses memori eksternal ini oleh CPU harus
melalui pengontrol / modul I/O.
·
Memori
eksternal sering juga disebut sebagai memori sekunder.
·
Memori
ini terdiri atas perangkat storage peripheral seperti : disk, pita magnetik,
dll.
c.
Kapasitas
Memori
Ø Kapasitas register (memori lokal) dinyatakan dalam bit.
Ø Kapasitas memori internal biasanya dinyatakan dalam bentuk byte (1
byte = 8 bit) atau
Ø word. Panjang word umum adalah 8, 16, dan 32 bit.
Ø Kapasitas memori eksternal biasanya dinyatakan dalam byte.
d.
Tipe
Fisik Memori
Ada dua tipe fisik memori, yaitu :
Ø Memori semikonduktor, memori ini memakai teknologi LSI atau VLSI (very large scale
integration). Memori ini banyak digunakan untuk memori internal misalnya RAM.
Ada beberapa
memori semikonduktor, yaitu : ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Acces
Memory).
·
ROM
(Read Only Memory)
ROM adalah
Memory yang hanya dapat di baca, tidak dapat di hapus dan sudah di isi oleh
pabrik pembuat komputer atau dengan kata laim tidak bisa di setting kembali
oleh User/Pengguna. Perintah pada ROM sebagian akan di pindahkan ke RAM.
Perintah-perintah yang ada di ROM antara lain :
ü Perintah untuk membaca Sistem Operasi dari disk.
ü Perintah untuk mengecek semua peralatan yang ada di Unit Sistem.
ü Perintah untuk menampilkan pesan di layar.
Perkembangan ROM (Read Only Memory)
ü PROM (Programble ROM) : ROM yang bisa di program kembali dengan
catatan hanya bisa di program 1 x.
ü RPROM (Re-Programble ROM) : ROM yang bisa di program ulang sesuai
dengan yang kita inginkan.
ü EPROM (Eraseble Programble ROM) : ROM yang dapat di hapus dan di
program kembali tetapi cara penghapusannya dengan menggunakan Sinar
Ultraviolet.
ü EEPROM (Electrically Eraseble Programble ROM) : ROM yang bisa di
program dengan Teknik Elektronik.
·
RAM
(Random Acces Memory)
RAM adalah
Memory tempat Penyimpanan sementara pada saat komputer di jalankan dan dapat di
acces secara acak atau random. Fungsi dari RAM adalah mempercepat Pemprosesan
data pada komputer. Semakin besar RAM yang Anda miliki, semakin cepatlah
Komputer yang Anda miliki. Jenis-jenis memori RAM (hanya sebagian):
ü EDORAM (Extended Data Out RAM)
ü SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)
ü DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM)
ü RDRAM (Rambus Dynamic RAM).
Ø Memori permukaan magnetik, memori ini banyak digunakan untuk memori eksternal yaitu untuk
disk atau pita magnetik.
e.
Hierarki
Memori
Pernyataan tentang memori ini adalah sbb :
Ø Semakin kecil waktu access, semakin besar harga per bit.
Ø Semakin besar kapasitas, semakin kecil harga per bit.
Ø Semakin besar kapasitas, semakin besar waktu access.
Untuk mendapatkan kinerja terbaik, memori harus mampu mengikuti
CPU. Artinya apabila CPU sedang mengeksekusi instruksi, kita tidak perlu
menghentikan CPU untuk menunggu datangnya instruksi atau operand.
Untuk mendapatkan kinerja terbaik, memori menjadi mahal, berkapasitas
relatif rendah, dan waktu access yang cepat.
Untuk memperoleh kinerja yang optimal, perlu kombinasi teknologi
komponen memori. Dari kombinasi ini dapat disusun hirarki memori sbb :
Semakin menurun
hirarki, maka hal-hal di bawah ini akan terjadi :
Ø Penurunan harga per bit
Ø Peningkatan kapasitas
Ø Peningkatan waktu akses
Ø Penurunan frekuensi akses memori oleh CPU.
Kunci
keberhasilan organisasi adalah penurunan frekuensi akses memori oleh CPU.
Bila
memori dapat diorganisasikan dengan penurunan harga per bit melalui peningkatan
waktu akses, dan bila data dan instruksi dapat didistribusikan melalui memori
ini dengan penurunan frekuensi akses memori oleh CPU, maka pola ini akan
mengurangi biaya secar keseluruhandengan tingkatan kinerja tertentu.
Register adalah jenis memori yang tercepat, terkecil, dan termahal yang
merupakan memori internal bagi prosesor.
Main Memory merupakan sistem internal memory dari sebuah komputer. Setiap
lokasi di dalam memori utama memiliki alamat yang unik.
Cache Memory adalah perangkat untuk pergerakan data antara memori utama dan
register prosesor untuk meningkatkan kinerja. Ketiga bentuk meori di atas
bersifat volatile dan memakai teknologi semikonduktor.
Magnetic disk dan Magnetic tape adalah external memory dan bersifat
non-volatile
2.
I/O KOMPUTER
I/O device merupakan suatu piranti pengiriman data secara bertahap
dan terus menerus melalui suatu aliran data dari proses ke piranti output. Yang
terdiri dari:
a.
Unit
Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke
dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang
diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal
computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang
menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick,
yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Dan masih banyak lagi inputan yang lainnya.
b.
Unit
Keluaran (Output Device)
Output Device adalah peralatan yang digunakan untuk melihat atau
memperoleh hasil pengolahan data / perintah yang telah dilakukan oleh komputer.
Output disini contohnya antara lain Monitor, Speaker, Printer, Proyektor,
Plotter dan lain sebagainya.
3.
SISTEM BUS
Merupakan Jalur penghubung komponen-komponen komputer untuk menghubungkan
data dari suatu elemen komputer ke elemen lainnya.
a.
Elemen rancangan bus berdasarkan
jenis busnya dapat dibedakan menjadi:
Ø Jenis
BUS
1.
Dedicated
bus
adalah bus yang khusus menyalurkan data tertentu, contohnya paket data saja,
atau alamat saja.
Keuntungan : Throughtput yang tinggi, karena kemacetan lalulintas
kecil .
Kerugian : Meningkatnya ukuran dan biaya Sistem
2.
Multiplexedus
bus
adalah bus yang dilalui informasi yang berbeda baik data, alamat, dan sinyal
kontrol dengan metode multipleks data .
Keuntungan : Memerlukan
saluran yang sedikit, menghemat ruang dan biaya.
Kerugian :
Diperlukan rangkaian yang kompleks untuk setiap modul
Ø Metode Arbitrasi
Menugaskan
sebuah perangkat, CPU atau I/O bertindak sebagai master
1.
Tersentralisasi
Pengontrol bus atau
arbitrer bertanggung jawab atas alokasi waktu pada BUS.
2.
Terdistribusi
Modul-modul bekerja sama untuk memakai BUS bersama sama.
Ø Timing
Cara terjadinya event dikoordinasikan pada BUS
1.
Synchronous
Terjadinya
event pada bus ditentukan oleh sebuah clock.
2.
Asynchrpnous
Terjadinya
event bus mengikuti dan tergantung pada event sebelumnya.
Ø Lebar BUS
1.
Address
- Lebar bus alamat
mempengaruhi kapasitas.
- Semakin lebar bus
alamat, semakin besar range
lokasi yang dapat
direferensi
2.
Data
- Lebar bus data,
mempengaruhi kinerja sistem
- Semakin lebar bus
data, semakin besar bit yang
dapat ditransfer
pada suatu waktu
Ø Jenis Transfer Data
1.
Read
Slave menaruh data pada bus data begitu slave mengetahui alamat dan
mengambil datanya.
2.
Write
Master menaruh data pada bus data begitu alamat stabil dan slave
mempunyai kesempatan untuk mengetahui
alamat.
3.
Read
modify Write
Operasi Read yang diikuit operasi Write ke alamat yang samaTujuan
untuk melindungi sumber daya memori yang dapat dipakai bersama di dalam
multiprogramming
4.
Read
after Write
Operasi yang tidak dapat dibagi yang berisi operasi Write diikuti operasi Read dari
alamat yang sama
5.
Blok
Sebuah siklus lamat diikuti oleh dan siklus data Organisasi bus.
b.
Dalam
BUS terdapat organisasi – organisasi yang berguna untuk mengirim data,
organisasi tersebut antara lain :
Ø Jalur Kontrol
Berisi signal request dan sinyal acknowledgements Mengindikasikan
tipe informasi pada jalur data.
Ø Jalur Data
Membawa informasi antara sumber dan tujuan data dan alamat dan
perintah-perintah kompleks.
c.
Master
dan Slave
Suatu transaksi bus meliputi 2 komponen
Mengeluarkan
perintah dan alamat – request (permintaan)
Memindahkan dat
– action (tindakan)
Master : Bus yang memulai transaksi bus dengan cara Mengeluarkan perintah dan alamat
Slave :Bus yang bereaksi terhadap alamat dengan cara mengirimkan
data kepada master jika master meminta data dan menerima data dari master jika
master mengirim data
d.
Struktur-struktur
BUS digolongkan menjadi :
Ø BUS DATA
Saluran data memberikan lintasan bagi perindahan data antara dua
modul sistem. Besar kecilnya jalur bus data juga mempengaruhi kinerjanya, contoh : 8, 16, 32
dan 64 bit.
Ø BUS ALAMAT
Identifikasi sumber atau tujuan data pada bus data dan mengalamati
port-port I/O. Contoh : jika CPU akan membaca word ( 8, 16 atau 32 bit) data dari memori maka CPU akan
menaruh alamat word yang dimaksud pada saluran alamat.
Ø BUS KONTROL
BUS Kontrol disini berfungsi Mengontrol akses ke saluran alamat dan
penggunaan data dan saluran alamat dan mengendalikan dan mengatur timing
informasi.
Timing informasi yang diatur oleh BUS Kontrol
antara lain :
antara lain :
a.
Sinyal
read /write.
b.
Interrupt
request.
c.
Sinyal
clock.
e.
Tipe-tipe
bus
Tipe-tipe bus dalam sistem BUS dibagi menjadi beberapa bagian yakni
:
ü BUS ISA
Bus ISA (Industry Standard Architecture) adalah sebuah bus PC/AT
(16 bit) yang beroperasi pada 8,33 MHz.
ü BUS PCI
Bus PCI (Peripheral Component
Interconnect bus) Bus yang beroperasi pada kecepatan 33 MHz.
ü BUS Seri Universal
Sebuah bus standart yang disepakati bersama oleh tujuh perusahaan
untuk digunakan pada peralatan berkecepatan rendah.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Demikian
penulis menyusun mata kuliah “Arsitektur komputer” membahas Materi - materi
mata kuliah tersebut. Sehingga mahasiswa dapat mengenal tentang memori,
hierarki memori, I/O didalam komputer dan sistem BUS.
B.
Kritik dan Saran
Penulis
menyadari tentang penyusunan makalah, tentu masih banyak kesalahan dan
kekurangannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi
yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.
Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dusi memberikan
kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan
dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini
berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada
umumnya.
0 komentar:
Post a Comment