Wednesday, June 6, 2012

Contoh Makalah Sistem Informasi Managemen


Sistem Informasi Nilai Kampus

Definisi system nilai :
Suatu sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi khususnya dalam hal ini adalah nilai  yang bermanfaat bagi penggunanya yakni Mahasiswa.
Dalam suatu system setidaknya harus mencakup beberapa syarat terbentuknya system yakni :
1.      Input
2.      Proses
3.      Output
4.      Komponen system
5.      Batas system (boundary)
6.      Lingkungan diluar sistem
7.      Interface (Penghubung)
8.      Dan Tujuan dari system

1.        Input
Dari beberapa syarat terbentuknya sistem yang pertama kita akan membahas tentang Input dari system informasi nilai kampus. Pada tahap ini yakni kita memasukkan data kedalam system informasi nilai tersebut. Adapun data yang dimasukan kedalam Input adalah :
-          NPM dari setiap Mahasiswa.
-          Nama Mahasiswa.
-          Nilai
a.    Nilai MID Semester
b.    Nilai UAS
-          Mata Kuliah yang ditempuh.

2.        Proses
Kemudian salah satu dari elemen system adalah proses, pada tahap ini data (nilai) yang telah dimasukan tadi atau telah diinputkan tadi di olah oleh sistem untuk selanjutnya digabungkan dengan SKS untuk menghasilkan bobot setelah itu dari jumlah bobot yang dibagi dengan jumlah SKS maka akan menghasilkan IPK.

3.        Output
Output merupakan hasil energy yang diolah oleh system. Dalam hal ini KHS merupakan output yang dihasilkan oleh Sistem Informasi Nilai.

4.        Memiliki Komponen
Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Setiap sistem tidak peduli betapapun kecilnya, selalu mengandung komponen-komponen atau subsistem-subsistem. Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Dalam system ini Komponen yang dimaksud antara lain database dari mahasiswa, Userface (tampilan), Penginputan data(Input).

5.        Batas Sistem (Boundary)
Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai suatu kesatuan. Batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut. Dan dalam lingkup ini hanya di batasi untuk mengolah data nilai saja.

6.        Penghubung Sistem (Interface)
Interface atau penghubung yakni Merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya. Dan dalam system ini interface atau penghubungnya adalah mencocokkan data nilai sebelum dimasukan dan diproses oleh system,



7.        Lingkungan Luar Sistem (Environment)
Adalah apapun di luar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi system. Dan lingkungan diluar system ini tetapi masih mempengaruhi adalah System Informasi Akademik, Sistem Keuangan dan mungkin system yang lainnya.

8.        Tujuan (Goal)
Sistem informasi nilai ini sudah tentu pasti punya tujuan, karena jika suatu system tidak memiliki tujuan maka buat apa kita membuat suatu system. Dan tujuan dari Sistem Infomasi Nilai disini adalah untuk menginformasikan nilai kepada mahasiswanya.
Berikut adalah gambar dari skema system


0 komentar:

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com